Kamera Canon VS Nikon yang mana akan anda pilih

Canon vs Nikon, Nikon Camera, Canon Camera, Canon lens, Digital SLR, DSLR camera, Pentax K-30, kamera baru, photographer pemula
Perang abadi, Canon VS Nikon. Image: youthsportphotographyguide.com
Canon and Nikon cameras have become legendary brand, so when a beginner asked to choose a new camera, so that immediately comes to mind was, Nikon or Canon. How about you?


In this article, you will see the difference between Nikon and Canon cameras. If you are not yet fluent in Indonesian, please use a translator feature that can be found on the right bar of this site.

Untuk photographer pemula, pasti ada kebingungan ketika akan membeli kamera (Digital SLR) untuk pertama kalinya. Anda akan melihat iklan berbagai kamera dan lensa dengan banyak fitur umumnya terbungkus dalam jargon teknis dan sering sulit untuk dipahami pemula. Bagaimana Anda menyaring semua itu untuk menemukan kamera yang tepat untuk Anda?

Anda akan menemukan dominasi luar biasa mereka di pasar amatir profesional dan high-end. Jika anda bertanya kepada para photographer, maka kebanyakan akan menyarankan anda untuk memilih Canon atau Nikon.

Apakah ini perlu, atau ada pilihan lain yang mungkin lebih cocok dengan kebutuhan pribadi Anda? Jika anda cermat, maka anda akan menemukan kamera dengan sistem lensa saling dipertukarkan (interchangeable lens) di pasar saat ini, termasuk kamera mirrorless, DSLR tetap cermin dengan viewfinder elektronik misalnya dari Sony, dan kamera D-SLR tradisional.

Apakah anda juga terperangkap mitos Canon dan Nikon?


Secara tradisional sebenarnya ada tiga pilihan merek: Canon, Nikon, dan Pentax. Yang terakhir ini adalah yang terkecil dari tiga dalam hal pangsa pasar, tapi menawarkan sejumlah badan dan lensa yang sepenuhnya weather sealed atau kamera tahan cuaca, seperti Pentax K-30 dengan harga sekitar US$ 569,00 di Amazon, mungkin sekarang sudah turun karena sudah ada model lain. Body kamera Pentax K-30 kamera tahan dalam aneka cuaca karena dibalut dengan bahan magnesium alloy.
 
Canon vs Nikon, Nikon Camera, Canon Camera, Canon lens, Digital SLR, DSLR camera, Pentax K-30, kamera baru, photographer pemula, magnesium alloy, wheater sealed
Pentax K-30 dalam 3 warna dengan body magnesium allowy. Image: prweb.com
Jika anda tidak terpengaruh dengan nama keren dari Nikon atau Canon, maka Pentax merupakan kamera yang bisa anda andalkan. Kekuatan sistem Pentax bergantung pada lensa panjang fokus tetap kompak, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak pilihan lensa zoom dengan Nikon atau Canon, serta kemampuan untuk akhirnya meng-upgrade ke kamera full-frame. Pentax merupakan merek alternatif yang bisa anda pertimbangkan.

Jika Anda telah memutuskan bahwa Anda merasa paling nyaman di dunia besar Canon atau Nikon, maka Anda masih harus memutuskan salah satunya bukan? Ketika anda akan memilih sebuah kamera, maka Anda perlu mempertimbangkan apa yang menjadi niat atau tujuan Anda dengan kamera yang Anda pilih, misalnya ketika anda melihat ketersediaan lensa yang ada pada Canon atau Nikon, termasuk harganya.

Jika Anda bertujuan memotret kegiatan olahraga profesional, cepat atau lambat Anda akan membutuhkan lensa telephotos cepat dengan kualitas tinggi. Pertimbangan lainnya adalah ketika anda memutuskan untuk membuat foto dengan model cantik, maka dibutuhkan lensa yang bisa close-up atau lensa khusus lainnya, begitu pula untuk mengabadikan pemandangan pantai, gunung, foto sunset dan sebagainya, pasti dibutuhkan lensa-lensa tertentu, belum lagi kalau untuk membuat foto makro.

Ada mitos tertentu yang banyak dipercayai para photographer, misalnya kamera Canon cocok untuk memotret model atau orang, sedangkan Nikon sangat bagus untuk membuat foto landscape, namun mitos tersebut akan semakin sirna karena lensa pada Canon atau Nikon memiliki kwalitas prima, dan tergantung pada siapa orang yang menggunakannya (Men behind the gun), apalagi kini telah ada software pengolah foto.

Pada dasarnya, pertimbangkan aspirasi Anda dan putuskan apa lensa apa Anda yang anda butuhkan dan jika Anda mampu membeli dengan harga tertentu, maka anda bebas memilih. Pertimbangkan pula kebutuhan anda di masa depan, dan pelajarilah harga lensa dan asesoris lain seperti tripod, monopod, flash, filter dan sebagainya. Berbicara tentang kontrol pada kamera, skema untuk layout tombol, pengaturan menu, zoom dan arah cincin fokus yang berbeda pada kamera Nikon, Canon atau merek lainnya, maka  Anda perlu menemukan salah satu merek kamera yang masuk akal untuk Anda dan nyaman untuk digunakan.

Rasa Nyaman sebagai photographer

Anda mungkin merasa lebih nyaman dengan menu Canon, atau tangan Anda secara alami dapat memutar dalam arah yang sama dengan lensa Nikon. Barangkali anda merasa sangat nyaman kalau Sony, Pentax atau Olympus di tangan Anda. Setiap Satu-satunya cara untuk mengetahui adalah dengan mencobanya di toko kamera. Setiap orang memiliki perasaan berbeda tentang arti nyaman. 

Berbagai merek kamera kini berlomba untuk membuat kamera secanggih mungkin, dengan tambahan berbagai fitur, namun anda harus perhatikan kebutuhan anda, dan rasa nyaman anda secara fisik, dan tentu saja harga yang juga pas dengan kantong anda. 
Nikon VS Canon, magnesium alloy, wheater sealed, kamera canon, kamera nikon, kamera DSLR, kamera mirrorless, lensa kamera, landscape photography
Nikon VS Canon. Image: kristeltaylor.weebly.com

Jika anda pemula, anda bisa membeli kamera entry level seperti Canon 650D, Nikon D5200 atau Pentax K-30.

Jangan lupa untuk melirik kamera alternatif seperti Panasonic Lumix GH-3 atau Olympus. Semua tipe kamera ini menarik untuk anda coba. Bicara soal kwalitas, pada dasarnya setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan pada aspek tertentu, namun secara umum anda tidak perlu khawatir karena semua bisa menghasilkan gambar atau photo dengan kwalitas baik. Semua tergantung pada anda sebagai seorang photographer.


0 comments: